-->

TOP-LEFT ADS

Jumat, 17 Maret 2017

Sejarah Hari Ini: Romawi Kalah, Pasukan Muslim Kuasai Baitul Maqdis

Loading...
RadarUmat - Pada 17 Maret tahun 636 atau 1.380 tahun yang lalu, menyusul kekalahan tentara Romawi, akhirnya Baitul Maqdis berhasil dikuasai pasukan Muslim. Perang pertama kaum Muslimin melawan tentara Roma dimulai pada masa Khalifah Umar Bin Khatab.

Saat itu, pasukan Roma mengalami kekalahan dan bagian Palestina selatan direbut kaum Muslimin. Kemudian, imperium Romawi mengirimkan sejumlah besar tentara ke Palestina, namun kembali mengalami kekalahan.

Bahkan, wilayah Damaskus juga berhasil direbut kaum Muslimin. Sejak itu, Palestina dan Damaskus menjadi bagian dari wilayah imperium Islam. Sejak 1097, kaum Kristen memulai perang Salib dan berusaha merebut Baitul Maqdis.

Kota ini berkali-kali berpindah tangan dari kaum Muslim dan kaum Kristen, sampai akhirnya pada 1250, Salahudin Al-Ayyubi merebut Palestina dan sejak itu terus berada di tangan kaum Muslimin.

Pada masa Perang Dunia I, Palestina dijajah Inggris dan sejak 1948, kawasan ini dijajah oleh rezim zionis. Rezim Israel kemudian mendeklarasikan diri dan Inggris mengizinkannya.

Gempa Taiwan Tewaskan 1.200 Orang

Pada hari ini tahun 1906, sebuah gempa kuat dan gempa susulan dalam satu hari penuh menewaskan 1.200 orang. Gempa-gempa ini menghancurkan sejumlah kota dan menyebabkan kerugian hingga jutaan dolar.

Gempa pertama mengguncang pada pagi hari berpusat di kota Kagi dengan kekuatan 7,1 SR. Guncangannya terasa hingga ke Jepang, ratusan mil di utara. Ribuan bangunan benar-benar hancur karena tremor. Beberapa desa bahkan rata dengan tanah.

Satu bulan kemudian, gempa 8,3 SR mengguncang San Francisco. Meski dengan skala lebih besar, skala kerusakan lebih besar di Taiwan. Pada 1927, gempa juga mengguncang Cina dan menewaskan 200 ribu orang. Ini jadi gempa terburuk dalam sejarah.

71 Lukisan Van Gogh Dipamerkan

Pada hari ini tahun 1901 silam, sekitar 71 lukisan Van Gogh dipamerkan di galeri Bernheim-Jeune di Paris. Lukisan-lukisan ini membawa sensasi seni ke seluruh dunia.

Sekitar 11 tahun sebelumnya, Van Gogh bunuh diri tanpa ada orang yang menyadari hasil kerjanya. Lukisan-lukisan itu adalah aklamasi seninya yang merepresentasikan mimpinya.

Selama hidupnya, Van Gogh hanya berhasil menjual satu lukisan. Setelah kematiannya, salah satu lukisan, 'Yasuda Sunflowers' bahkan terjual hingga 40 juta dolar AS dalam lelang Christie tahun 1987.

Van Gogh lahir di Zundert, Belanda pada 1853. Ia bekerja sebagai penjual di galeri seni, guru bahasa, penjual buku, dan penjabat injil diantara penambang Belgia. Pada akhirnya ia menyadari lebih senang jadi seniman.

Tahun 1880 jadi tahun produktif untuknya. Ia menggambar dan melukis cat air sambil mencoba banyak teknik. Ia belajar di Brussels Academy dan pada 1881 ia pergi ke Belanda untuk belajar dari alam.

Selama perjalanannya, ia banyak belajar pada seniman lain di Eropa. Ia berharap bisa membentuk komunitas seniman di Arles. Ia terlibat cekcok dengan Gauguin yang ikut dalam komunitas. Van Gogh kemudian memotong telinga Gauguin.

Ini adalah satu kejadian yang membawanya pada diagnosa sakit mental dan demensia. Meski demikian, ia tetap berkarya dari rumah sakit. Pada Juli 1890, Van Gogh merasa ia merepotkan banyak orang, termasuk saudaranya Theo. Ia kemudian menembak dirinya sendiri. [rci]
Loading...
Back To Top